Asian Para Games 2018 dibuka, ribuan atlet difabel berlaga di Jakarta

asian para gamesHak atas foto AFP/Getty Images
Image caption Suasana pembukaan Asian Para Games di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (6/10).

Melalui upacara pembukaan yang meriah di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Asian Para Games ke-3 resmi dibuka pada Sabtu (6/10).

Upacara pembukaan diwarnai oleh aksi Presiden Joko Widodo di hadapan para penonton.

Mirip dengan upacara pembukaan Asian Games 2018 lalu yang menampilkan video Presiden Jokowi yang berkendara ke GBK, upacara Asian Para Games 2018 juga memperlihatkan sebuah video.

Bedanya, video kali ini mengisahkan tentang seorang anak pengguna kursi roda bernama Bulan Karunia Rudianti.

Hak atas foto Antara/GALIH PRADIPTA
Image caption Bersama Bulan dan Abdul Hamid, Presiden Jokowi mengambil busur untuk bersiap memanah.

Bulan dan teman-temannya, yang diperankan Sabar Gorky, Sri Lestari (aktivis kaum difabel), Abdul Hamid (atlet panahan Indonesia), diceritakan mengirimkan pesan kepada Presiden Jokowi di dalam kotak.

Video tersebut berlanjut dengan kedatangan Bulan di Stadion Gelora Bung Karno. Presiden Jokowi yang berada di tribun kehormatan kemudian turun menghampirinya.

Hak atas foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
Image caption Presiden Jokowi memanah bersama atlet panahan Abdul Hamid (kanan) dan seorang anak bernama Bulan Karunia Rudianti.

Setelah itu, Presiden Jokowi melepas jas dan menggulung lengan kemeja. Bersama Bulan dan Abdul Hamid, Presiden Jokowi mengambil busur dan melepaskan anak panah ke arah deretan huruf bertuliskan ‘DISABILITY’.

Aksara D, I, dan S dalam kata ‘DISABILITY hancur, menyisakan tulisan ‘ABILITY’.

Hak atas foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
Image caption Setelah dipanah, aksara D, I, dan S dalam kata ‘DISABILITY hancur, menyisakan tulisan ‘ABILITY’.

“Saya bangga menyambut kehadiran bapak, ibu, dan saudara-saudara, tamu-tamu istimewa dari 43 negara,” ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya.

“Melalui Asian Para Games tahun 2018 ini, kita ingin merayakan persaudaraan, kita menunjukkan kegigihan dan prestasi, dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan.”

“Dan dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya menyatakan, dengan resmi Asian Games dibuka,” ucap Jokowi.

Beberapa saat kemudian, kembang api dilesatkan di sekitar Stadion Gelora Bung Karno.

Hak atas foto Antara/Aprillio Akbar
Image caption Kembang api mewarnai upacara pembukaan Asian Para Games di Jakarta.

Beragam pertunjukan

Upacara pembukaan ini juga menampilkan Shanna Shannon mengiringi dengan Lagu Indonesia Raya bersama anak-anak Jakarta dan Desa Bengkala yang menyanyikan dalam bahasa isyarat.

Kemudian ditampilkan tarian yang terinspirasi bunga Wijaya Kusuma, yang melambangkan sesuatu yang berharga dan juga kemenangan.

Hak atas foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
Image caption Beragam pertunjukan memeriahkan upacara pembukaan Asian Para Games, termasuk menampilkan komodo tiruan raksasa.
Hak atas foto AFP/Getty Images
Image caption Upacara pembukaan Asian Para Games melibatkan ratusan penampil, termasuk sejumlah penari.

Berikutnya, defile atlet peserta Asian Para Games 2018 dari 43 negara, yang kemudian menempati tempat duduk berdasarkan warna logo Asian Para Games yang ditampilkan dengan pertunjukan cahaya. Dalam defile ini, atlet Indonesia dipimpin oleh pembawa plakat Rosalina Oktavia.

Hak atas foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
Image caption Kontingen Indonesia disambut meriah oleh para penonton yang menyaksikan upacara pembukaan di Stadion Gelora Bung Karno.
Hak atas foto AFP/Getty Images
Image caption Sejumlah atlet difabel yang mewakili kontingen Iran bersorak saat mengikuti defile pada upacara pembukaan Asian Para Games, Sabtu (6/10).
Hak atas foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
Image caption Kontingen Cina membawa spanduk bertuliskan ‘Hello Indonesia’ saat Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10).

Lagu Paralympic menyertai pengibaran bendera Asian Paralympic Committe dilanjutkan dengan pembacaan sumpah oleh para atlet, official dan pelatih.

Selanjutnya, peraih lima medali emas Asean Para Games 2017, Jendi Pangabean, membawa obor untuk menyalakan kaldron saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

Hak atas foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
Image caption Peraih lima medali emas ASEAN Para Games 2017, Jendi Pangabean, membawa obor untuk menyalakan kaldron saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10).

Pada upacara pembukaan Asian Para Games 2018 ini, para peserta dan penonton yang hadir bersama-sama mengheningkan cipta selama satu menit untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Palu, dan Donggala.

Asian Para Games, yang merupakan ajang olahraga terbesar se-Asia untuk atlet difabel, akan melombakan 18 cabang olahraga yang digelar di 19 venue di Jakarta pada 6-13 Oktober yang diikuti 3.000 atlet dari 43 negara.

Hak atas foto EPA
Image caption Kontingen Korea Utara memasuki kawasan Asrama Atlet di Jakarta sebelum mengikuti ajang Asian Para Games 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *