Jalan Raya Pamir: Petualangan liar melintasi Asia Tengah


Hak atas foto
Dave Stamboulis

Perjalanan liar sepanjang Asia Tengah

Membentang sepanjang 1.200km antara kota Osh di Kyrgystan dan Dushanbe di Tajikistan, jalan raya Pamir adalah salah satu ‘jalan paling liar’ di dunia – dan untuk pengelana pemberani, ini adalah perjalanan darat yang paling epik.

Jalan menembus alam liar, dari bukuit gurun ke gunung yang bersalju, melewati lebih dari 4000m, dan penghuninya lebih banyak macan tutul salju dan domba Marco Polo bertanduk spiral ketimbang manusia.

3Hak atas foto
Dave Stamboulis

Melintas ‘atap dunia’

Hanya ada tiga gunung yang melampaui tinggi Pegunungan Pamir (Bam-i-Dunya – atap dunia) yang mencapai 7.000 m, yaitu Himalaya, Karakoram, dan Hindu Kush.

Medan yang tidak stabil melintasi zona gempa bumi, tanah longsor, dan bebatuan, yang menjadikan Jalan Raya Pamir salah satu perjalanan paling menantang di luar sana. Kondisi ekstrem ini menarik pengendara sepeda motor, pengendara sepeda dan pencari sensasi yang menyukai lanskap besar, liar, dan terpencil.

2Hak atas foto
Dave Stamboulis

Pertempuran wilayah

Jalanan di pegunungan awalnya dibuat oleh Rusia di masa ‘Great Game’ yang dimulai pada pertengahan tahun 1800-an oleh Kerajaan Inggris dan Rusia yang menguasai penuh Asia Tengah.

Salah satu jalan penting Jalur Sutra juga mengikuti rute ini dan Anda masih bisa melihat benteng-benteng jaman pertengahan di atas pegunungan yang dibangun untuk melindungi perdagangan di wilayah itu.

Pada 1900-an, Soviet menambahkan rute lain, tetapi masih berupa jalan bebatuan, pasir, dan trek berdeb. Sejumlah upaya untuk mengaspalnya hanya berujung erosi, lubang-lubang, dan kerusakan yang terus menerus.

aHak atas foto
Dave Stamboulis

Melihat ke Afghanistan

Sebagian besar rutenya akan melewati Koridor Wakhan, mengikuti Sungai Panj deras yang memisahkan Afghanistan dan Tajikistan, dengan pemukiman Muslim Ismailiyah kecil yang menghiasi kedua sisi Panj yang bergelombang.

Para pengemudi mobil dan pengendara sering dihadapkan pada belokan tajam dan tebing terjal di atas sungai, atau mengemudi di samping pinggirnya yang hanya memisahkan beberapa inci antara ban dan sungai.

aHak atas foto
Dave Stamboulis

Danau dan unta

Namun, para pelancong mendapat imbalan baik atas upaya mereka, dengan beragam pemandangan menakjubkan yang berlangsung setiap hari dalam perjalanan selama seminggu antara kota-kota Asia Tengah.

Misalnya dengan pemandangan surealis seperti danau pirus dan pantai berpasir yang dihuni unta Baktria seperti yang ditemukan di Danau Yashikul, danau air tawar yang luas di tengah rute.

Danau-danau adalah sumber kehidupan ikan dan burung, dan menawarkan banyak kesempatan untuk mendaki dan berkemah di salah satu tempat yang paling tidak dikunjungi turis di dunia.

aHak atas foto
Dave Stamboulis

Puncak gunung sepanjang mata memandang

Di sini, gunung sepertinya tidak ada habisnya. Tidak hanya Pamir, tapi juga Hundi Kush di Afghanistan bisa terlihat dari jauh.

Ada puncak dengan nama-nama yang menggugah, seperti Academy of Sciences Range, serta ratusan puncak yang tidak disebutkan namanya dan tidak mendaki.

aHak atas foto
Dave Stamboulis

Keberanian ekstra

Tanpa pagar pembatas, dan jalan sempit mepet dengan tebing serta permukaan bebatuan yang terletak di atas sungai deras, bepergian ke sini bukanlah untuk orang yang lemah hati.

Temperatur ekstrem dan gempa bumi, tanah longsor, longsoran salju, banjir, dan kondisi jalan yang seringkali buruk adalah tantangan yang banyak dialami sehari-hari.

Selain itu, jumlah pemukiman yang jarang, jarak yang jauh antara layanan, dan mengendara dengan adrenalin yang tinggi, adalah kombinasi apik ala film thriller nyata. Tak perlu diragukan, setiap pelancong yang cukup berani untuk mengemudi rute ini akan membutuhkan keterampilan mekanik yang baik dan saraf baja.

aHak atas foto
Dave Stamboulis

Impian para pencari ketegangan

Terlepas dari kendala, semua debu, jarak, dan perjalanan berat terbayar. Jaraknya sangat jauh, medannya liar, dan begitu terpencil sehingga Anda hampir tidak dapat melihat kendaraan lain. Apa yang akan Anda lihat adalah beberapa pemandangan paling menakjubkan di dunia – dan berpetualang seumur hidup.

Anda bisa juga membaca artikel ini dalam bahasa Inggris di BBC Travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *