Jokowi bertemu Sutopo: Humas BNPB ‘yang menginspirasi kita semua’

sutopo, bnpb, jokowiHak atas foto Biro Pers Kepresidenan
Image caption Presiden Joko Widodo menemui Sutopo Purwo Nugroho

Presiden Joko Widodo mengundang juru bicara BNPB ke Istana Bogor, pertemuan yang dinanti Sutopo setelah tiga kali gagal. Keduanya sempat membuat vlog bersama.

Presiden pun mengundang Juru Bicara BNPB Sutopo ke Istana Bogor, keduanya sempat membuat vlog bersama RaisameetSutopo, ada lagi #JokowimeetSutopo.

Tiga kali Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho berusaha menjabat tangan Presiden Joko Widodo, tapi tak sekalipun dia berhasil.

“Belum sekali pun salaman dengan Jokowi. Saya sudah berusaha tiga kali. Di Sinabung saya berusaha salaman, karena salaman dengan Presiden adalah kenangan yang terindah. Saya sudah berusaha, enggak bisa. Di Banjarnegara, enggak bisa. Di Pidie Jaya gempa, tangan saya sudah gini (terulur) tapi malah disamperin Pasmpamres. Wah, ya sudah,” kata Sutopo kepada wartawan saat konferensi pers terkait penangangan gempa dan tsunami Palu Rabu (03/10).

Warganet pun membuat tagar #JokowimeetSutopo demi mendukung agar Sutopo bisa bersalaman dengan presiden.

Bencana alam yang terjadi dalam dua bulan ini, mulai dari Lombok sampai gempa dan stunami di Palu, menempatkan Sutopo menjadi pusat perhatian.

Dialah corong pemerintah untuk memberikan sumber resmi mengenai perkembangan bencana, dan juga sumber rujukan warganet tentang kabar bohong yang banyak beredar tentang bencana.

Hanya dalam dua hari setelah konferensi pers tersebut, Presiden Joko Widodo pun mengundang Sutopo ke Istana Bogor.

Akun twitter Sekretariat Kabinet pun mengumumkan pertemuan Sutopo dan Jokowi dengan tagar #JokowimeetSutopo.

Presiden menyatakan bahwa Sutopo “menginspirasi kita semuanya, bahwa dalam kondisi beliau yang sedang sakit tetap masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan’.

Hak atas foto Biro Pers Kepresidenan

“Ada nasihat juga dari bapak presiden bahwa saya harus menjalankan tugas menyesuaikan dengan kondisi saya,” kata Sutopo saat mengadakan jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo usai pertemuan.

Menurut Sutopo, bertemu presiden adalah “suatu nikmat yang luar biasa”.

“Saya diberikan foto dan tanda tangan langsung dengan Bapak Presiden, ini adalah kado terindah saya menjelang ulang tahun saya tanggal 7 Oktober,” kata dia dengan gembira.

Sutopo pun kemudian mengajak Jokowi membuat vlog. Dalam video itu Jokowi berkata “Semangat Pak Topo”.

Warganet pun turut gembira dengan pertemuan Joko Widodo dan Sutopo.

Sutopo divonis kanker paru-paru stadium 4B pada awal 2018. Dia menjelaskan bahwa sel kanker sudah menyebar ke tulang dan kelenjar getah bening. Meski demikian Sutopo tetap bekerja. Tak jarang dia mengunggah foto saat menjalani pengobatan di Twitternya.

Saat memberikan keterangan pers mengenai gempa dan tsunami Palu, Senin (01/10) lalu Sutopo bercerita bahwa dia baru selesai mendapatkan infus di rumah sakit.

Mengenai sakitnya, Sutopo pernah berujar bahwa hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia. “Tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *