Karya Bansky terjual seharga sekitar Rp20 miliar, tapi langsung dihancurkan

Media playback tidak ada di perangkat Anda

Lukisan Banksy melakukan ‘penghancurkan diri sendiri’ sesaat sesudah laku Rp20 miliar.

Banksy telah merilis sebuah video yang menunjukkan bagaimana ia secara diam-diam membuat sebuah alat penghancur dokumen, atau shredder, di bingkai lukisannya yang dirancang akan mengalami ‘swapenghancuran’ setelah terjual seharga lebih dari £1 juta (Rp19,97 miliar).

Girl With Balloon, salah satu karya grafis paling terkenal dari seniman misterius itu, dilelang oleh Sotheby’s di London, Inggris.

Beberapa saat setelah karya itu terjual, terdengar alarm berbunyi dan suara mesin pencabik dokumen bekerja. Kemudian kanvas lukisan yang menunjukkan seorang gadis meraih balon berbentuk hati, melorot ke bawah dalam bentuk potongan-potongan panjang, namun masih menyisakan bagian balon.

Mengutip Picasso di Instagram-nya, Banksy menulis: “Dorongan untuk menghancurkan juga merupakan dorongan kreatif – Picasso.”

Klip dimulai dengan penjelasan berbunyi: “Beberapa tahun yang lalu, saya diam-diam membangun mesin penghancur dokumen di balik sebuah lukisan.”

Video itu kemudian menunjukkan seseorang yang menggunakan sweater bertutup kepala memasang piranti itu, lalu muncul keterangan lain yang berbunyi: “Untuk berjaga-jaga jika karya ini masuk balai lelang.”

Rekaman video yang beredar di media sosial kemudian menunjukkan saat lukisan itu “menghancurkan diri sendiri” di balai lelang pada hari Jumat (05/10).

Tidak jelas bagaimana mesin pencabik itu diaktifkan.

‘Kita baru saja dikerjai Banksy’

Beberapa saat sebelumnya, lukisan stensil cat semprot dari tahun 2006 itu terjual seharga £1,042 juta.

“Tampaknya kita baru saja dikerjai Banksy,” kata Alex Branczik, direktur senior Sotheby’s dan kepala seni kontemporer di Eropa.

Sebelumnya, Banksy mengunggah gambar terjadinya peristiwa itu di akun Instagram-nya, diimbuhi kata-kata: “Pergi, pergi, lenyap…”

John Brandler, direktur Galeri Seni Brandler, menggambarkan Banksy sebagai ‘seniman publisitas terpenting’ dan mengatakan ulah itu ‘benar-benar cemerlang”.

“Dia membuat Damien Hirst jadi tampak seperti seorang amatir,” kata Brandler.

Banksy menjadi terkenal melalui serangkaian karya grafiti di seluruh negeri.

Seniman yang penuh teka-teki itu diduga tumbuh di Bristol, Inggris, tetapi identitasnya tetap misteri meski banyak spekulasi selama bertahun-tahun.

Beberapa karya terbarunya adalah Dismaland, taman hiburan semacam Disneyland di sebuah lido di Weston-super-Mare, yang ia gambarkan sebagai “taman hiburan keluarga yang tidak cocok untuk anak-anak”.

Pada 2017, Girl With Balloon, yang awalnya muncul di sebuah tembok di Great Eastern Street, London, terpilih sebagai karya seni favorit di seluruh Inggris.

Versi galeri menampilkan cat semprot dan akrilik di atas kanvas, yang dipasang dalam bingkai.

Apakah pembeli masih harus membayar?

Sotheby’s belum mengungkapkan siapa yang membeli karya itu sebelum dicabik mesin.

Belum jelas apakah kontrak mereka masih berlaku.

Branczik mengatakan kepada Financial Times bahwa balai lelang itu berusaha untuk ‘mengetahui’ apa makna dari ulah itu.

Dia berkata, “Kami belum pernah mengalami situasi seperti ini … ketika sebuah lukisan secara spontan dicabik dengan mesin, setelah mencapai penjualan yang mendekati rekor termahal untuk karya sang seniman.

“Kami sedang sibuk mencari tahu apa artinya ini dalam konteks lelang.”

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, Sotheby’s menggambarkan bahwa itu merupakan insiden ‘tak terduga’ dan mengatakan peristiwa itu telah menjadi ‘sejarah dadakan dunia seni.’

Apakah karya ini akan lebih mahal lagi, atau jatuh?

Berbagai pendapat terbelah.

Beberapa poster media sosial berspekulasi bahwa kejahilan itu justru bisa menyebabkan karya senirupa itu meningkat nilainya.

Namun, banyak pula yang mempertanyakan apakah pembeli karya itu akan tetap harus membayarnya – atau bahkan ingin membayarnya.

Brandler mengatakan, semakin banyak publikasi didapat suatu karya seni, semakin mahal pula harganya

“Itu adalah aksi publisitas terbaik yang dia bisa pikirkan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *