Pencarian pesepakbola Emiliano Sala: Terlihat sosok jasad di reruntuhan pesawat


Hak atas foto
Cardiff City FC/Getty Images

Image caption

Penerbangan itu membawa penyerang asal Argentina, Sala, 28 tahun, dan pilot Ibbotson, 59, dari Nantes, Prancis barat laut, menuju Cardiff.

Sosok jasad terlihat di balik reruntuhan pesawat yang ditumpangi pesepakbola Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson.

Pencarian pada Minggu (3/2) berhasil menemukan pesawat Piper Malibu di dasar perairan Guernsey, hampir dua minggu setelah dinyatakan hilang.

Badan Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) telah mengonfirmasi adanya jasad manusia di dalam reruntuhan pesawat itu pada Senin (4/2) waktu setempat.

Tim penyelamat saat ini sedang menyusun rencana untuk membawa bangkai pesawat dari kedalaman 67 meter di bawah air.

Pria yang menemukannya mengatakan jasad tersebut harus segera diangkat dari dasar laut.

“Ini adalah peluang terbesar bagi keluarga Sala untuk mendapatkan kepastian bahwa pesawat itu telah ditemukan,” kata pemburu kapal karam, David Mearns.

Dia mengatakan “ketakutan terburuk sudah terkonfirmasi”, lalu menambahkan, “kenyataan ini akan memakan waktu lama bagi mereka yang kehilangan.”

Hak atas foto
Getty Images/David Ibbotson

Image caption

Penerbangan itu membawa penyerang asal Argentina, Sala, 28 tahun, dan pilot Ibbotson, 59, dari Nantes, Prancis barat laut, menuju Cardiff, setelah Sala menyelesaikan kepindahannya dari klub Nantes ke Cardiff City.

Pesawat itu membawa pesepakbola asal Argentina, Sala, 28 tahun, dan pilot Ibbotson, 59, dari Nantes, Prancis barat laut, menuju Cardiff. Perjalanan dilakukan setelah Sala menyelesaikan proses kepindahannya dari klub Nantes ke Cardiff City.

“Puing-puing” pesawat itu ditemukan pada Minggu (3/2) pagi setelah pencarian yang didanai secara pribadi oleh Mearns digelar.

Dia mengatakan mengangkat pesawat merupakan tugas yang paling penting.

Proses pengangkatan pesawat kecil itu dapat dilakukan saat “arus lemah, tambahnya.

Pesawat itu akan diangkat oleh kapal milik Departemen Pertahanan, dan menurut Mearns, upaya pengangkatan badan pesawat itu dapat dilakukan “dalam hitungan hari”.

Rekaman video yang direkam menggunakan pengendali jarak jauh (ROV) menunjukkan adanya satu jasad manusia di balik reruntuhannya.

AAIB mengatakan sedang berkonsultasi dengan kedua keluarga korban serta kepolisian tentang langkah selanjutnya dan bermaksud untuk menerbitkan laporan sementara dalam beberapa pekan mendatang.

Seruan secara online yang dilakukan agen Emiliano Sala berhasil mengumpulkan £324.000 atau sekitar Rp6 miliar untuk pencarian pesawat kecil tersebut.

Bekerja sama dengan AAIB, kapal milik Mearns dan kapal pencari lainnya, Geo Ocean III, mulai menyisir area sekitar empat mil persegi di sekitar Selat Inggris, 24 mil laut di utara Guernsey.

Berbicara pada program Radio 4’s Today pada hari Senin, Mearns mengatakan pesawat itu berhasil diidentifikasi oleh sonar, sebelum kapal selam dengan kamera dikirim di bawah air untuk mengkonfirmasi hal ini.

“Mereka melihat nomor registrasi dan kejutan terbesar adalah bahwa sebagian besar badan pesawat ada di sana – kami mengharapkan untuk menemukan puing-puingnya,” tambahnya.

Hak atas foto
Marine Traffic

Image caption

Pencarian pada hari Minggu berhasil menemukan pesawat Piper Malibu di dasar laut Guernsey, hampir dua minggu setelah dinyatakan hilang.

Hak atas foto
Rich Watson / Geoxyz

Image caption

Bekerja sama dengan AAIB, kapal milik Mearns dan kapal pencari lainnya, Geo Ocean III, mulai menyisir area sekitar empat mil persegi di sekitar Selat Inggris, 24 mil laut di utara Guernsey.

Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Barang-barang iseperti bunga, sal, dan kaos tim diletakkan di sekitar patung kapten klub pemenang Piala FA, Fred Keenor, di luar stadion selama dua minggu terakhir.

Sementara itu, klub sepak bola Cardiff City mengatakan “sedang mempertimbangkan” apa yang harus dilakukan terhadap keberadaan barang-barang seperti bunga, sal, atau cindera mata yang diletakkan fansnya di luar stadion – sebagai bentuk penghormatan kepada Sala.

Barang-barang itu diletakkan di sekitar patung kapten klub pemenang Piala FA, Fred Keenor, selama dua minggu terakhir.

Juru bicara klub tersebut mengatakan pihaknya akan segera mengambil keputusan.

Hak atas foto
AAIB

Image caption

Rekaman video yang direkam menggunakan pengendali jarak jauh (ROV) menunjukkan adanya satu jasad manusia di balik reruntuhannya.

Operasi pencarian resmi pesawat yang hilang itu semula dihentikan pada 24 Januari setelah kepala pelabuhan Guernsey mengatakan kemungkinan sangat sulit menemukan Sala dan pilotnya dalam kondisi hidup.

Sebelumnya, sebuah bantal yang diyakini berasal dari pesawat yang ditumpangi Sala, ditemukan di pantai dekat Surtainville di Semenanjung Cotenti, Prancis, pekan lalu.

Para pemain, pelatih dan penggemar Cardiff City terlihat emosional saat mengenang Sala, karena klub itu melakukan laga kandang pertama sejak pemain asal Argentina itu hilang pada Sabtu.

Manajer klub, Neil Warnock, mengatakan merekaa merasa Sala “bersama” timnya saat mereka menundukkan klub Bournemouth 2-0 di Liga Primer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *