Ratusan ton sampah diangkat dari Kali Pisang Batu, Bekasi


Hak atas foto
Anadolu Agency/Getty Images

Image caption

Timbunan sampah menutupi permukaan Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada 8 Januari 2019.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi telah mengangkat ratusan ton sampah dari Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto, mengatakan sampah yang diangkut sejak Sabtu (5/1) lalu sudah mencapai 230 truk sampah.

Satu truk, menurutnya, bisa memuat delapan kubik sampah. Jika dikonversikan ke berat dengan memperhitungkan berbagai jenis sampah, limbah di kali tersebut diperkirakan mencapai ratusan ton.

bekasiHak atas foto
Anadolu Agency/Getty Images

Image caption

Sampah yang diangkut dari Kali Pisang Batu sejak Sabtu (5/1) lalu diklaim sudah mencapai 230 truk sampah.

Ia mengatakan sampah masuk ke Kali Pisang Batu setelah dinas lingkungan hidup dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selesai menormalisasi kali tersebut dengan mengangkat eceng gondok, gulma, dan lumpur pada Desember 2018 lalu.

Selang beberapa waktu, sampah yang mengalir dari Kota Bekasi masuk ke Kali Pisang Batu dan mengendap di sana selama dua hingga tiga minggu.

bekasiHak atas foto
Anadolu Agency/Getty Images

Image caption

Tidak bisa dipastikan sampai kapan pengangkutan sampah dari Kali Pisang Batu akan rampung.

Dodi mengatakan begitu mendengar kabar bahwa sampah masuk ke kali itu, dinas lingkungan hidup dan Kementerian PUPR berupaya untuk membersihkan kali dengan truk sampah dan alat berat.

Pembersihan akan terus berlangsung sampai kali bersih, ujar Dodi, walau ia tidak dapat memastikan kapan pengerjaan itu akan tuntas.

“Saya nggak bisa mengestimasi (sampai kapan kali dibersihkan) karena sampah ini kan datang lagi, datang lagi. Apalagi kalau kena hujan, udah, masuk lagi tuh sampahnya,” kata Dodi.

bekasiHak atas foto
Anadolu Agency/Getty Images

Image caption

Timbunan sampah di Kali Pisang Batu dikeluhkan warga karena dapat menimbulkan penyakit dan banjir.

Dodi mengatakan dinas kebersihan Kabupaten dan Kota Bekasi akan segera berkoordinasi untuk menangani masalah sampah di kali yang terletak di perbatasan kedua wilayah itu.

Ia menambahkan, pihaknya akan menyarankan pihak kota Bekasi untuk memasang jaring agar sampah dari sana tidak mengalir ke kali Kali Pisang Batu. Selain itu, lanjutnya, dinas kebersihan Kabupaten dan Kota Bekasi dapat membangun tanggul untuk menyelesaikan masalah ini.

bekasiHak atas foto
Anadolu Agency/Getty Images

Image caption

Pemerintah Kota Bekasi disarankan memasang jaring agar sampah dari sana tidak mengalir ke kali Kali Pisang Batu.

Sebagaimana diberitakan harian Kompas pada Senin (7/1), sampah yang didominasi plastik memenuhi Kali Pisang Batu. Panjang badan sungai yang tertimbun sampah, terutama sampah plastik, sekitar 500 meter.

Tumpukan sampah tersebut, menurut sejumlah warga yang diwawancarai Kompas, sudah berlangsung selama dua pekan terakhir. Kondisi ini dikhawatirkan warga karena bisa menimbulkan penyakit dan memicu banjir.

bekasiHak atas foto
Anadolu Agency/Getty Images

Image caption

Sampah yang mengendap di Kali Pisang Batu terdiri dari berbagai jenis, utamanya sampah plastik.

BBC News Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *