Zumi Zola divonis enam tahun penjara untuk kasus korupsi, dan ‘menerima putusan’


Hak atas foto
Hafidz Mubarak A

Mantan gubernur Jambi dan pesohor Zumi Zola menyatakan ‘menerima’ setelah majelis hakim menjatuhkan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp500 juta.

“Setelah saya berkonsultasi dengan tim penasihat hukum, saya menyatakan menerima hukuman,” kata Zumi Zola kepada majelis hakim setelah keputusan dijatuhkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (6/12).

Dengan demikian, Zumi Zola tidak mengajukan banding.

Adapun tim jaksa penuntut umum menyatakan, “kami pikir-pikir dulu, yang mulia.” Dalam sidang sebelumnya, jaksa menuntut hukuman delapan tahun penjara.

Dalam putusannya, hakim juga mencabut hak politik Zumi Zola selama lima tahun -sesudah ia bebas dari penjara setelah menjalani hukumannya nanti.

Zumi Zola dihukum untuk perkara suap terhadap para anggota DPRD Jambi, agar menyetujui anggaran yang diajukan Zumi Zola yang saat itu menjabat sebagai gubernur.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Dody Irawan dan kontraktor Muhammad Imaddudin alias Iim mengakui diminta mengumpulkan uang dari para kontraktor oleh orang kepercayaan Zumi Zola, Apif Firmansyah.

Hak atas foto
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA

Image caption

Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola berjalan untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (6/9).

Uang dalam jumlah miliaran rupiah itu, salah satunya, disebut untuk menyuap seluruh anggota DPRD Provinsi Jambi.

“Uang dari kontraktor ini untuk seluruh anggota dewan. Imbalan atas anggaran, atau uang ketok palu,” ujar Iim dalam sebuah kesaksian di sidang.

Para saksi itu mengatakan suap yang disebut sebagai uang “ketok palu” dimaksudkan agar anggota DPRD Provinsi Jambi menyetujui anggaran yang diminta oleh Zumi Zola atau Pemerintah Provinsi Jambi.

Zumi sendiri tidak membantahnya. “Awalnya tidak pakai uang. Tapi akhirnya beliau (Apif) menyerahkan uang,” ungkap Zumi.

Dalam surat dakwaan, Zumi didakwa menyuap 53 anggota DPRD dengan nilai total sebesar Rp16,5 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *