Inikah bandara paling cantik di seantero jagat?


Hak atas foto
Rajiv Srivastava

Bandara ke-100 di India, yang diresmikan oleh Perdana Menteri Narendra Modi di negara bagian Sikkim pada hari Senin (24/9), bisa dianggap sebagai salah satu bandara yang paling cantik di dunia.

Di Sikkim, yang dulunya merupakan sebuah kerajaan mungil di pegunungan Himalaya, terdapat juga Kanchenjunga, gunung tertinggi ketiga di dunia. Negara bagian itu terhubung ke Tibet, Bhutan, dan Nepal melalui delapan jalur pegunungan.

Ini bandara pertama yang dimiliki negara bagian Sikkim. Lokasinya terletak di Pakyong, sekitar 30 km dari ibukota negara bagian, Gangtok.

Dibangun membelah sebuah lereng pegunungan, bandara ini digambarkan sebagai sebuah ‘keajaiban di bidang teknologi.’

Bandara SikkimHak atas foto
Rajiv Srivastava

Berjarak sekitar 60 km dari perbatasan dengan Cina, bandara ini terletak di atas kawasan perbukitan desa Pakyong, dengan ketinggian 1.371 meter di atas permukaan laut. Luas bandara ini 201 hektar.

Bandara SikkimHak atas foto
Rajiv Srivastava

Bandara ini diapit oleh lembah-lembah curam di kedua ujung landasan sepanjang 1,75 km. Bangunan terminal bisa menampung sekitar 100 penumpang alam waktu yang sama. Bandara juga dilengkapi dua kawasan parkir.

Kondisi topografi yang sulit dan cuaca yang tidak bersahabat, membuat proyek pembangunan bandara yang berlangsung sembilan tahun ini “sangat menantang dan mengasyikan”, menurut juru bicara Punj Lloyd, perusahaan India yang membangun landasan pacu.

Bandara SikkimHak atas foto
Rajiv Srivastava

Para insinyur mengatakan, tantangan utamanya adalah pengerjaan lahan yang berat di lokasi itu, dan membawa peralatan berat melalui jalur-jalur pegunungan yang sempit.

Cuaca juga sering menjadi hambatan, mengingat Sikkim banyak diguyur hujan dari bulan April hingga September.

Medan berbukit serta kestabilan tanah termasuk di antara beberapa tantangan lain yang dihadapi para insinyur di lereng berbatu itu.

Bandara SikkimHak atas foto
Rajiv Srivastava

Seluruh bandara, termasuk landasan pacu, didirikan di atas tanah yang dibangun dengan membuat dinding penahan setinggi 80 meter di lembah-lembah dalam. Punj Lloyd mengatakan ini adalah salah satu dinding ‘penguat’ tertinggi di dunia.

Bandara SikkimHak atas foto
Rajiv Srivastava

Penerbangan komersial akan mulai beroperasi dari Pakyong pada tanggal 4 Oktober mendatang.

Bandara ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata ke Sikkim, yang memiliki banyak lokasi menarik seperti puncak gunung, gletser, dan danau-danau di dataran tinggi.

Foto-foto oleh Rajiv Srivastava

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *