Ketika monyet ‘mengambil alih’ kemudi bus umum di India

The bus driver sits with the monkey on the steering wheelHak atas foto YouTube
Image caption Bukan raut muka sopir berjenis manusia yang jadi masalah.

Seorang pengemudi bus di Negara Bagian Karnataka, India diskors – karena membiarkan seekor monyet ‘menyetir’ busnya.

Sanksi itu dijatuhkan kendati dari sekitar 30 penumpang yang berada di bus itu tidak ada satu pun yang mengeluh tentang sopir dadakan penuh bulu itu.

Namun, ketika rekaman video dari lutung yang terlihat santai -dan tampak kompeten- itu mengambil kemudi menjadi viral, Dinas Transportasi lantas mengambil tindakan.

Keamanan penumpang tidak dapat dipertaruhkan dengan ‘membiarkan seekor monyet memegang kemudi,’ kata seorang juru bicara.

Tidak terlalu mengherankan, keputusan ini tidak populer di kalangan pengguna internet yang justru kebanyakan merasa terhibur dengan klip pendek itu.

“Lucu sekali. Kenapa harus diskors. Seharusnya dia mendapat peringatan saja untuk tidak mengulangi ini,” cuit Parag Heda.

Insiden itu terjadi pada hari Senin (08/10), menurut Dinas Transportasi Jalan Raya – yang baru mengetahui tindakan tak biasa itu setelah video tersebut menjadi viral.

Menurut para saksi, monyet itu naik ke kendaraan bersama penumpang lain tetapi ketika bus melakukan perjalanan sekitar Davanagere, monyet itu menolak duduk di tempat lain kecuali di barisan depan, dekat sopir.

Sopir bernama M. Prakash, tampaknya tidak terlalu terpengaruh dengan ulah sang monyet. Ia kemudian mengizinkan sahabat barunya itu untuk duduk di kemudi saat mereka melanjutkan perjalanan.

Tetapi sebetulnya juga, untuk bersikap adil pada Prakash, sang sopir tampak tetap mengemudikan bus itu dengan satu tangannya mengoperasikan kemudi sepanjang waktu. Dan untuk bersikap adil pada monyet, dia tampaknya memperhatikan dengan seksama jalanan di depan. Namun belum jelas, apakah dia juga menguasai penggunaan fungsi kaca spion.

Menurut laporan, monyet itu akhirnya mencapai tujuan dan meninggalkan sopir untuk melanjutkan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *