Kokain 35kg disembunyikan di kepala patung kuda

Kepala kudaHak atas foto AFP
Image caption Sebagian kokain diperkirakan akan disalurkan ke Christchurch, Selandia Baru.

Kepolisian Selandia Baru mengatakan mereka berhasil menyita kokain dalam jumlah paling besar yang pernah mereka sita sejauh ini.

Kokain itu disembunyikan di dalam patung kepala kuda berlapiskan diamente. Dikatakan barang selundupan yang berhasil digagalkan itu ditaksir bernilai US$10 juta atau sekitar Rp131 miliar.

Menurut polisi, berat keseluruhan kokain dalam bentuk balok-balok mencapai 35kg yang dikirim melalui kargo pesawat udara dari Meksiko ke Auckland, Selandia Baru pada Mei lalu.

Patung berupa kepala kuda itu sendiri berbobot 365kg dengan tinggi 1 meter, sebagaimana dilaporkan oleh surat kabar New Zealand Herald.

“Ini adalah keberhasilan penting bagi Selandia Baru,” kata seorang pejabat kepolisian Virginia Le Bas. “Kita harus bangga mampu mendeteksinya ketika masih pada tahap-tahap awal.”

Terkait dengan pengiriman barang terlarang itu, otorita Selandia Baru telah menangkap seorang warga negara Amerika dan dua orang warga negara Meksiko setelah diadakan penyelidikan selama enam minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *