Mengapa kebakaran hutan California kali ini begitu parah?


Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Bekas Camp Fire terlihat di kota Paradise dan daerah sekitarnya.

“Musim kebakaran hutan” California biasanya dimulai pada musim panas dan berlangsung terus sampai permulaan musim gugur. Tetapi para pengamat memperingatkan muncul risiko bencana ini akan terjadi sepanjang tahun.

Kebakaran yang terjadi saat ini disebabkan berbagai hal seperti perubahan iklim dan keadaan cuaca.

Kelembaban yang rendah, angin hangat Santa Ana dan tanah yang kering setelah sebulan tanpa hujan menciptakan lingkungan yang sangat menunjang penyebaran api.

Penduduk negara bagian yang berjumlah 40 juta orang ini juga menjadi penyebab kebakaran yang mematikan. Jumlah populasi berubah hampir dua kali lipat dibanding tahun 1970-an dan orang cenderung tinggal di tempat yang lebih dekat dengan daerah rawan kebakaran.

Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Terjadi peningkatan kepadatan penduduk di daerah yang sebelumnya sepi manusia.

Selain itu, terjadi perubahan iklim. Beberapa tahun terakhir tercatat suhu tertinggi, musim semi yang lebih cepat dan curah hujan yang lebih sulit diramalkan.

Dengan mengutip iklim yang memanas, Gubernur Brown mengatakan: “Ini bukanlah kenormalan baru, ini adalah keabnormalan baru.”

Sejumlah selebriti juga memberikan komentar mereka terkait kebakaran yang terjadi sekitar tempat tinggalnya.

Gerard Butler, bintang ‘300’ dan ‘Gods of Egypt’ ini mengunggah foto sisa rumahnya di Malibu di Instagram pada hari Minggu (11/11). Dia mengucapkan terima kasih kepada petugas kebakaran karena “keberanian” mereka.

Selain foto, Butler juga mengunggah dua video di Instagram Stories dan mengatakan rumahnya “musnah setengah”.

Penyanyi dan aktris Miley Cyrus mencuit pada hari Minggu mengatakan dirinya dan tunangannya Liam Hemsworth “keluar” dari kebakaran dengan selamat.

Tetapi dia juga mengungkapkan bahwa rumahnya “sudah tidak ada lagi”.

Pasangan pemusik Robin Thicke, April Love Geary, yang saat ini sedang hamil, mengungkapkan lewat Instagram Stories bahwa rumah mereka hancur.

Hari sebelumnya, penyanyi Blurred Lines menaruh foto asap di dekat rumah mereka di Malibu.

Sementara itu Kim Kardashian-West dan keluarganya diungsikan dari rumah mereka di Hidden Hills pada hari Jumat. Mereka hanya memiliki waktu satu jam untuk mengemas barang-barang mereka.

Bintang acara realita tersebut terus memperbarui informasi di Snapchat dan Instagram Stories untuk para penggemarnya, selain berbagi foto kebakaran.

Kim meng-Instagram foto dengan keponakannya, True pada hari Sabtu dan menulis: “Kami semua selamat dan inilah yang paling penting.”

Malam sebelumnya, dia mendedikasikan People Choice Awards yang dirinya peroleh kepada layanan darurat yang bekerja mengatasi kebakaran hutan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *