Tornado dahsyat terjang Alabama, tiang dan pohon tercabut


Hak atas foto
SCOTT FILLMER

Image caption

Beauregard adalah salah satu daerah yang paling parah terkena imbasnya.

Paling tidak 23 orang tewas ketika tornado melanda Lee County, Alabama bagian timur, kata pejabat pemerintah setempat.

Seorang pejabat kepolisian setempat, Jay Jones, mengatakan terjadi kerusakan “skala besar” dan dikhawatirkan korban meninggal akan bertambah. Jumlah korban cedera masih belum diketahui.

Usaha penyelamatan terhenti pada Senin (04/03) dini hari waktu setempat karena adanya bahaya pencarian di kegelapan.

Tornado paling parah melanda daerah di sekitar Beauregard, merusak jalur seluas 0,8 km.

Badan Cuaca Nasional (NWS) mengelompokkannya pada kategori EF-3 – atau angin dengan kekuatan sampai 266km/jam.

Mereka memperingatkan orang untuk “tidak berada di daerah kerusakan agar regu enyelamat dapat bekerja”.

Dimana tornado terjadi?

Daerah di sekitar Beauregard, sekitar 95 km arah timur ibu kota Negara Bagian Alabama, Montgomery, dilaporkan menjadi daerah paling parah terkena topan. Angin topan terjadi pada sekitar pukul 14:00 waktu setempat di hari Minggu.

Rekaman video memperlihatkan tiang yang tercabut, jalan dipenuhi puing dan rumah tanpa atap.

Jay Jones mengatakan sejumlah rumah sudah menjadi tumpukan puing.

Pemerintah mengkhawatirkan jumlah korban meninggal dapat meningkat.

Seorang warga, Smiths Station, mengatakan kepada TV setempat bahwa ia melihat sejumlah tempat usaha yang rusak di sana. Sebuah atap bar besar Buck Wild Saloon terlepas.

Sheriff Jones mengatakan: “Tantangannya adalah besarnya jumlah puing yang berada di kawasan perumahan. Ini adalah yang terbanyak yang pernah saya lihat, seingat saya.”

Peringatan tornado telah dikeluarkan untuk Georgia, Florida dan South Carolina. Rekaman video memperlihatkan rumah yang hancur dan pohon yang tercabut di Talbotton, sekitar 80 mil atau 128 km arah selatan Atlanta.

Angin topan juga dilaporkan terjadi di Walton County dan Cairo di Florida bagian utara.

Siapa korbannya?

Semua korban meninggal sampai sejauh ini ada di Lee County. Pemerintah mengatakan mereka masih bekerja untuk mengidentifikasi para korban.

Salah satu korban meninggal di Beauregard adalah seorang anak berumur delapan tahun, kata anggota keluarganya.

“Kami tidak pernah mengalami peristiwa meninggalnya anggota keluarga secara massal, seingat saya, sepanjang kehidupan saya,” kata pejabat Lee County, Bill Harris.

Dia mengatakan pada hari Minggu malam: “Kami masih menarik orang dari tumpukan puing. Kami akan berada di sini semalaman.”

Ahli metereologi Alabama, Eric Snitil mengunggah twit bahwa terdapat lebih banyak korban meninggal dalam satu hari di Lee County dibandingkan bencana tornado di seluruh wilayah AS pada tahun 2018.

Pusat Kesehatan East Alabama menyatakan pihaknya merawat lebih dari 40 orang yang terluka karena cuaca ekstrem dan diperkirakan akan lebih banyak korban lagi.

Beberapa orang dilaporkan terluka di Talbotton, Georgia, meskipun tidak serius.

Hak atas foto
@KEITH_IRWIN VIA REUTERS

Image caption

Tornado melanda sejumlah daerah, termasuk Georgia pada hari Minggu.

Seperti apa skala kerusakannya?

PowerOutage.US mengatakan terdapat sekitar 3.000 pelanggan tidak mendapatkan pasokan listrik di Alabama, sebagian besar di Lee County.

Cuaca dingin diperkirakan akan terjadi di daerah tersebut setelah tornado, suhu diperkirakan akan turun sampai mendekati beku.

Badan Cuaca Nasional menyatakan akan mengirim tiga tim untuk mengetahui kerusakan akibat tornado di Alabama pada hari Senin.

Cuaca ekstrem pada mulanya memutus pasokan listrik bagi 21.000 pelanggan Georgia Power, menurut juru bicara perusahaan, di samping juga mencabut pohon dan merusak rumah.

Bagaimana reaksinya?

Gubernur Alabama, Kay Ivey menulis di Twitter, memperingatkan penduduk bahwa akan terjadi cuaca ekstrem.

“Simpati kami bagi pihak-pihak yang kehilangan nyawanya karena badai di Lee County hari ini,” tulisnya.

Presiden Donald Trump juga mengirim twit, meminta penduduk untuk “Tolong berhati-hati dan tetap aman”.

Pimpinan Apple, Tim Cook yang dilahirkan di Mobile, bagian barat daya negara bagian tersebut mengatakan dirinya “hancur” ketika mendengar berita itu, dengan mengatakan Lee County adalah “tempat yang dekat di hati saya”.

Apakah tornado biasa terjadi saat ini?

Serangkaian bencana ini telah terjadi sebelumnya selama musim puncak tornado, dari bulan April sampai Juni, ketika lebih dari setengah jumlah tornado biasanya terjadi.

Sistem cuaca lebih mendukung terjadinya angin topan pada bulan-bulan ini. Udara hangat bergerak dari Teluk Meksiko pada saat yang sama, sementara sistem badai bergerak ke selatan dan kawasan utara di bagian karena jet stream yang menukik ke arah selatan.

Tornado yang baru terjadi ini sepertinya paling mematikan dibandingkan tornado yang menyebabkan 35 korban meninggal dunia di Arkansas dan Mississippi pada bulan April 2014.

“Bencana super” tornado di AS pada bulan April 2011 menyebabkan lebih dari 300 orang.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *